PORTAL PDITT (SPADA) | Course Add

FAQ Frequently Asked Question

Tentang SPADA

Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) merupakan salah satu upaya pemerataan mutu pendidikan di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi. SPADA atau yang dulu dikenal dengan nama Program Pembelajaran Daring Terbuka dan Terpadu (PDITT), berfungsi untuk menjembatani, meminimalisasi gap ketersediaan, keterjangkauan, dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Pada situs ini, mahasiswa yang telah registasi dapat mengakses beragam mata kuliah yang kami tawarkan dimana pun, dan kapan pun diinginkan. Pada program SPADA ITB, terdapat 3 kategori yang ditawarkan, yaitu materi terbuka, mata kuliah terbuka dan mata kuliah daring.
  1. Materi Terbuka : Pada kategori ini anda dapat menemukan berbagai materi perkuliahan yang dapat diakses secara gratis.
  2. Mata Kuliah Terbuka : Pada kategori ini anda dapat menemukan berbagai materi perkuliahan yang dapat diakses secara gratis, sekaligus mengukur hasil belajar dengan mengikuti kuis online yang terdapat pada masing-masing mata kuliah.
  3. Mata Kuliah Daring: Pada kategori ini anda dapat menemukan berbagai mata kuliah yang dapat diikuti untuk mendapatkan pengakuan kredit dalam bentuk sertifikat, yang diakui keabsahannya oleh KemenristekDikti untuk digunakan di masing-masing perguruan tinggi
Ikutilah tahapan registrasi yang terlansir disini
Mata kuliah daring hanya dapat diikuti oleh mahasiswa aktif jenjang S-1 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang terverifikasi BAN-PT. Selain itu mahasiswa harus memastikan bahwa mata kuliah yang diikuti melalui program SPADA relevan dengan mata kuliah di perguruan tingginya masing-masing.
Sampai saat ini ITB hanya menyediakan mata kuliah daring untuk jenjang S-1.
Mata kuliah daring hanya dapat diikuti oleh mahasiswa aktif jenjang S-1 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang terverifikasi BAN-PT. Masyarakat umum dipersilahkan untuk mengakses materi terbuka dan mata kuliah terbuka
Anda berkesempatan untuk belajar dari seorang yang expert di bidangnya masing-masing, yang senantiasa memberikan panduan dan arahan untuk mengeksplorasi ilmu yang akan Anda dapatkan. Melalui bahan ajar berbasis multimedia, memberikan anda pengalaman belajar yang berbeda dan lebih variatif dibandingkan pembelajaran konvesional.
Sampai saat ini, setiap mahasiswa dapat mengikuti beberapa mata kuliah daring secara GRATIS. Namun untuk mata kuliah tertentu, registrasi setiap mahasiswa dikenakan biaya yang terjangkau sesuai jumlah SKS yang diikutinya.
Tentu saja, ITB merupakan satu dari beberapa perguruan tinggi yang ditunjuk KemenristekDikti untuk menyelenggarakan Program SPADA, sehingga dipastikan bahwa sertifikat yang anda dapatkan legal dan mampu dipertanggung-jawabkan.
Maksimal SKS yang dapat diikuti melalui program SPADA yaitu 49% dari total SKS yang harus diselesaikan mahasiswa dalam menyelesaikan sebuah jenjang pendidikan. Tidak terdapat batasan jumlah SKS yang dikontrak pada setiap semesternya selama mahasiswa yang bersangkutan memperoleh ijin dari Dekan di kampusnya masing-masing.
Tentu saja tidak, masing-masing perguruan tinggi tentunya memiliki standar penilaian masing-masing. Nilai yang didapatkan mahasiswa dari program ini dapat dikonversi oleh Perguruan Tinggi masing-masing sesuai kebijakan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi.
Silahkan akses situs elearning.itb.ac.id, dan daftarkan email anda untuk mendapatkan update terbaru tentang SPADA ITB. Selain itu anda dapat mengakses situs aggregator SPADA melalui tautan kuliahdaring.dikti.go.id

Kegiatan Pembelajaran

Sebelum semester tersebut berakhir, setiap mahasiswa masih diperkenankan untuk tetap mengikuti mata kuliah walaupun pembelajaran telah berlangsung, namun dengan syarat mampu mengejar ketertinggalan dan melakukan kontak yang cukup intensif dengan dosen yang bersangkutan.
Setiap mahasiswa dapat mengakses seluruh konten pembelajaran sesuai waktu yang telah ditentukan di masing-masing mata kuliah. Biasanya untuk mempelajari sebuah Topik, mahasiswa diberikan waktu selama satu minggu. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk semua mata kuliah, Oleh karena itu simaklah setiap instruksi yang dipaparkan dosen pengampu agar perkuliahan dapat berlangsung secara efektif.
Proses pembelajaran pada masing-masing mata kuliah tentu saja berbeda. Namun pada umumnya, setiap mahasiswa yang telah terhubung ke halaman virtual course diminta untuk mempelajari materi secara mandiri melalui berbagai bahan ajar yang tersedia, berdiskusi melalui forum, lalu diakhiri dengan tes formatif di akhir pembelajaran. Tes formatif dapat berupa tugas yang harus diunggah secara online maupun ujian online. Untuk mencukupi kebutuhan belajar mahasiswa, pada beberapa mata kuliah seringkali diadakan web conference melalui Portal Video Conference yang dapat diakses melalui device yang dimiliki setiap mahasiswa.
Setiap mahasiswa dapat mengakses seluruh konten pembelajaran sesuai waktu yang telah ditentukan di masing-masing mata kuliah. Umumnya untuk mempelajari sebuah Topik, mahasiswa diberikan waktu selama satu minggu. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk semua mata kuliah, Oleh karena itu simaklah setiap instruksi yang dipaparkan dosen pengampu agar perkuliahan dapat berlangsung secara efektif.
  1. Dalam mengikuti aktifitas pembelajaran, mengaculah pada jam server yang dapat ditemui di masing-masing kelas.
  2. Pahamilah setiap instruksi yang diberikan.
  3. Pastikan anda memiliki akses internet yang cukup stabil untuk mengakses beragam bahan ajar dan aktiftas pembelajaran melalui portal SPADA.
  4. Untuk mengikuti sesi pembelajaran tatap muka (synchronous learning) melalui portal video conference, pastikan anda menyiapkan laptop/personal computer (PC) dengan browser yang mendukung flash/html5/webrtc, webcam, earphone/headset (lebih disukai), dan koneksi internet (4G,HSDPA+). Pastikan firewall yang digunakan memperbolehkan (allow) flash dan atau webrtc.
  5. Selain melalui portal video conference kegiatan pembelajaran tatap muka dapat dilakukan melalui perangkat end-point seperti Polycom VSX 7000, Cisco Tandberg MXP 880, Tandberg Edge 75, dan Tandberg SX-20 yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi.
  6. Pastikan browser beserta perangkat multimedia seperti adobe acrobat, quicktime , dan flash player telah di update dan siap untuk digunakan dalam mengakses materi pembelajaran.
  7. Pada beberapa mata kuliah, anda diharakan untuk menginstall perangkat lunak pendukung pembelajaran, seperti ArcGIS, Mathlab, Flash, Software video editing dan lain sebagainya.
Umumnya tes formatif yang diberikan dosen berupa tes objektif melalui Quiz Online, pengumpulan tugas (assginment), keaktifan dalam forum diskusi dan lain sebagainya. Namun ada pula beberapa mata kuliah yang meminta mahasiswanya untuk mengerjakan sebuah projek tertentu. Untuk lebih detailnya, bacalah deskripsi mata kuliah yang bersangkutan.
Silahkan cek Blocks Latest News yang terletak di masing-masing laman mata kuliah. Keaktifan anda dalam mencari informasi sangat berpengaruh pada hasil akhir yang didapatkan.
Setelah anda login ke portal SPADA ITB. Anda dapat menemukan aktifitas pembelajaran yang telah ditetapkan pada masing-masing course yang anda ikuti. Selain itu, anda pun dapat menemukannya pada fitur upcoming events/ calendar. Pada fitur calendar sendiri, anda dapat menemukan notifikasi aktifitas pembelajaran yang harus diikuti tersebut pada setiap tanggal yang tertandai warna merah.
Pastikan browser serta perangkat flash player yang terinstall up to date, sehingga siap untuk digunakan dalam mengakses materi pembelajaran.
Pastikan browser serta perangkat multimedia yang terinstall up to date, seperti quicktime dan flash player, sehingga siap untuk digunakan dalam mengakses materi pembelajaran.
Acuan waktu yang digunakan dalam mengikuti seluruh aktifitas pembelajaran yaitu jam server. Jam Server dapat anda temui di halaman My Home maupun pada masing-masing halaman mata kuliah. Seringkali terdapat perbedaan antara jam pada perangkat yang dimiliki dengan jam server. Setelah login ke laman course, segeralah menyesuaikan jam yang anda miliki dengan jam server.
Hal tersebut menandakan adanya pengaturan waktu ditutupnya kuis (quiz closes). Sedangkan timer yang dilihat sebelumnya merupakan durasi berlangsung kuis tersebut yang akan mulai berlaku setelah mahasiswa menekan tombol untuk memulai kuis. Untuk menghindari hal ini, silahkan cek informasi 'quiz closes' pada fitur kalendar/upcoming events, sebelum anda memulai pengerjaan kuis yang dimaksud.
Umumnya nilai akan otomatis tersimpan ke dalam sistem ketika waktu pengerjaan ujian online berakhir, namun pastikanlah hal tersebut sesuai dengan informasi yang disampaikan disini

User ID

Silahkan mengunggah formulir persetujuan Dekan / Pimpinan Perguruan Tinggi sebagaimana tahapan yang disampaikan pada panduan registrasi. Kemudian cek email anda untuk memperoleh akses ke laman mata kuliah.
Pastikanlah anda mengetik email yang valid pada laman reset password. Seringkali hal tersebut dikarenakan adanya perubahan data email yang terdaftar pada profil user yang dilakukan oleh mahasiswa itu sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan menghubungi helpdesk e-Learning disini.
Silahkan menghubungi dosen yang bersangkutan atau menghubungi tim helpdesk SPADA ITB disini.